Paket 1Mbs Kecepatan download 128KBs

shape image

Paket 1Mbs Kecepatan download 128KBs


Kenapa?
Mungkin ada yang belum tahu, mari kita bahas kenapa paket 1Mbs kalau digunakan untuk download cuma mendapatkan kecepatan 128KBs dilihat di net meter pada masing-masing HP ?
Yang jelas ada perbedaan satuan, Perhatikan penulisan satuan "b" (kecil) dan "B" (besar), ini merujuk pada :
b = bit
B = Byte
1 B = 8 b
Disini sudah jelas bahwa B (Byte) nilainya lebih besar daripada b (bit). Jika Anda berlangganan internet dengan bandwidth paket 1 Mbs misalnya berarti:
1Mb = 1024 Kb
1024 Kb = 128 KB
Karena 1b = 1/8 B, maka 1024:8=128

Kesimpulannya jika kita mengambil paket bandwidth 1 Mbs akan sama nilainya dengan kita mengambil paket 128 KBs.
Loh kok sedikit amat? Begini bos, ada perbedaan penggunaan untuk satuan masing-masing tersebut, pada intinya:
- Satuan "b" (bit) digunakan untuk satuan ukuran kecepatan. Secara umum digunakan lebih kepada digital communications.
- Satuan "B" (Byte) digunakan untuk satuan ukuran volume jumlah. Secara umum digunakan pada addressing (pengalamatan) memory : Register, RAM, HD.

Skala bit digunakan ketika Anda menggambarkan kecepatan koneksi. Skala byte menggambarkan seberapa cepat file ditransfer. Perbedaan lainnya adalah skala byte menggunakan faktor kelipatan 1024 bukan 1000. Kesalahpahaman umum adalah bahwa ini juga berlaku untuk jaringan, itu tidak. Dalam konteks jaringan kecepatan menggunakan faktor kelipatan 1000 bukan 1024.

Manufaktur menjual produk mereka menggunakan faktor 1000 karena lebih mudah bagi konsumen untuk memahami. Misalnya, bisa sangat membingungkan untuk orang awam ketika Anda memberitahu mereka bahwa dua kali lipat 32K hasilnya 65K. Untuk meringankan kebingungan singkatan baru diciptakan untuk mewakili konversi dengan faktor 1024 (mis KiB, MiB, GiB). Tapi ini belum diadopsi oleh semua orang. Jadi 1 KB bisa berarti 1000 byte atau 1024 bytes tergantung pada siapa Anda bertanya.


Pengertian Bit

Untuk mengetahui perbedaan bit dan byte, ada baiknya kamu untuk mengetahui apa itu bit. Istilah ini merujuk pada “binary digit”, yakni satuan terkecil dalam sistem penyimpanan komputasi. Bit pertama kali dikenalkan oleh seseorang bernama John W. Tukey pada tahun 1947 silam. Kemudian, istilah tersebut digunakan oleh Claude E. Shannon dalam karya ilmiahnya setahun kemudian pada tahun 1948.

Bila diibaratkan, bit ini seperti sebuah saklar yang dapat “menyala” atau “mati”. Nilai angka dalam bit adalah “0” dan “1”. Untuk angka “0” biasanya digunakan untuk penandaan sistem mati, sedangkan untuk angka “1” dalam kondisi hidup atau memiliki arus listrik. Dalam dunia elektronik maupun digital bit dilambangkan dengan huruf “b” kecil.

Kecepatan transfer satuan ini menggunakan bit per second (per detik) dan biasa disebut dengan “bps”. Contohnya untuk mengukur kecepatan sebuah modem menggunakan 60 kbps atau 60 kilo bit per second. Satuan tersebut juga dikenal dengan Sh merujuk pada penggunaan awalnya oleh Claud E.Shannon, namun jarang sekali digunakan.

Pengertian Byte

Sementara itu, untuk istilah byte merupakan gabungan dari beberapa bit. Biasanya untuk memudahkan, byte terdiri dari kumpulan delapan bit (8 bit). Jadi dengan kata lain satu byte sama dengan delapan bit. Berbeda dengan bit, byte menggunakan istilah “B” (B besar). Byte digunakan dalam satuan penyimpanan data dalam sebuah komputer, besaran file. Informasi dan data tersebut nantinya akan disimpan dalam sebuah memori komputer. Satuan byte pun beragam dalam media penyimpanan mulai dari kilobyte (KB), megabyte (MB), gigabyte (GB) dan terabyte (TB).

Istilah byte untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Dr. Werner Buccholz tahun 1956 ketika dia bekerja sebagai ilmuwan di IBM. Di Indonesia, byte dikenal juga dengan istilah bita. Akan tetapi, orang lebih familiar dengan byte dalam dunia komputasi dan digital. Untuk ukuran paling besar dari byte ini adalah yottabyte (YB) dan satuan ini empat tingkat lebih tinggi dari terabyte (TB).


source:
- Kaskus
- www.dewaweb.com
- www.itpoint.com

Posting Komentar

© Copyright 2019 BUNGUR NETWORK

Form WhatsApp

Pesan ini akan terkirim melalui whatsapp.

Kirim