MEMPERLUAS JARINGAN HOTSPOT DENGAN REPEATER

shape image

MEMPERLUAS JARINGAN HOTSPOT DENGAN REPEATER


Saya akan berbagi pengalaman bagaimana usaha saya untuk memperluas jangkauan hotspot dengan repeater, topologi yang saya pakai adalah PTP jadi via wireless/nirkabel


Topologi Pertama


PicoStation (AP) → WA7210N (Repeater Tangkap-Sebar)

Kesimpulan:
- Sangat mengecewakan, repeater sering RTO (tidak stabil, pedot-pedot)
Kesalahan:
- Mungkin tidak satu pabrikan /merk
- Masih menggunakan 2,4Ghz
Topologi ini gagal


Topologi Kedua


PicoStation (AP) → WA7210N (Client) → WF2411E (AP hotspot)

Kesimpulan:
- Sangat mengecewakan, WA7210 sering RTO
Kesalahan:
- Mungkin PTP tidak satu pabrikan /merk
- Masih menggunakan 2,4Ghz
Topologi ini gagal


Topologi Ketiga


NSM 5 (AP) → Lbe 5(Client) → WF2411E (AP hotspot)

Kesimpulan:
- Stabil, memuaskan
- PTP Satu pabrikan /merk
- Menggunakan 5Ghz (PTP), untuk penggunaan jaringan 5Ghz akan lebih stabil daripada menggunakan frekuensi 2,4Ghz karena lebih kecil mengalami interferon siap
Rekomendasi

Sebagai catatan waktu saya menggunakan topologi 1 dan 2, mode WDS tidak saya aktifkan karena dulu saya masih awam dan baru belajar,. jika kalian ingin mencoba topologi 1 dan 2 bisa di aktifkan WDS agar lebih stabil.


Topologi Empat (WDS Aktif)


WA7210N (AP)(Hidden SSID) → WA7210N (Client)(WDS) → WF2419E (AP Hotspot)

Kesimpulan
:
- Stabil jika user/traffic tidak banyak (Tidak banyak yang akses)
- RTO jika banyak user yang akses pada netis AP hotspot, karena jika user banyak yang akses otomatis traffic akan naik. Maksimum user kira-kira 7 user (dengan asumsi 1 user membawa bandwidth 1 Mbs)
Topologi ini bisa dipakai jika hanya untuk sementara, atau user yang akses tidak lebih dari 7 user, karena koneksi di topologi ini kurang stabil jika mengalami lonjakan traffic

Saya kira akan berpengaruh juga pada merk TP L**k yang lainnya, Sebenarnya Topologi keempat ini tidak akan berpengaruh jika kita mislnya hanya membuka youtube, karena sudah buffer duluan dan buffering lagi jika koneksi berjalan. Akan berpengaruh pada saat kita download atau main game, jika pakai pingwatchdog mungkin membutuhkan 3 menitan untuk koneksi lagi.
Solusi untuk mengurangi agar bisa otomatis terkoneksi lagi adalah  aktifkan ping watchdog pada AP Client (wa7210n) tujukan pada IP AP wa7210n, setting sekecil mungkin untuk intervalnya, jika RTO nanti bisa restart sendiri.


(Update) Topologi 2020 pakai Lite AP AC ubnt


Lite AP AC Ubnt → Litebeam M5 → Router

Ubnt terkenal dengan rumornya dengan melemahnya sinyal jika sudah dipakai lama, berdasarkan pengalaman saya memakai NSM 5, iya benar saya merasa ada penurunan performa dari si radio ubnt selama 2 tahun terakhir.
Karena telanjur Client sudah memakai ubnt, mau dipasangkan dengan merk lain kok rasanya ada yang mengganjal, dari itu teman saya merekomendasikan Lite AP AC.
Saya coba dan setelah 6 bulan terakhir ini performanya sangat memuaskan, dari sinyal, ccq, semua maksimum.. mantab.
Akan tetapi dari pengalaman yang sudah memakai kebanyakan orang mengatakan lite ap ac tidak dapat digunakan jika ptp jaraknya lebih dari 3 / 5 km. Benar atau tidaknya saya belum pernah mencobanya.

Saya merekomendasikan topologi yang ini di tahun 2020

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Posting Komentar

© Copyright 2019 BUNGUR NETWORK

Form WhatsApp

Pesan ini akan terkirim melalui whatsapp.

Kirim