AP WIFI UNTUK JANGKAUAN SEBAR 1 KM ?

shape image

AP WIFI UNTUK JANGKAUAN SEBAR 1 KM ?


Teman : Usaha voucher wifi saja, nanti biaya pemasangannya bla...bla..bla..
Saya : Menarik itu, kebetulan tempat saya gak ada wifi dari indiho**, Misal kalau pasang Jangkaunnya luas nggak? itu dari antenna ke Hape
Teman : Katanya luas sekitar 1km
Saya : Wah, luas juga jangkauannya...

Diatas adalah sepenggal obrolan dengan teman, ketika saya akan merintis usaha RT/RW NET yang bersistem voucher. Bayangkan dengan 1 titik jangkauan bisa 1Km langsung diakses lewat HaPe, emang bisa? Belum ada bos.. belum ada alat yang sebegitu mantapnya bisa tembus 1Km langsung bisa di akses lewat Handphone.

Pengalaman saya diatas mungkin juga terpikirkan untuk pemula, tapi sayang sekali saya belum menemukan alat AP yang bisa sebar hotspot dengan jangkauan 1Km bisa langsung di akses lewat handphone.

Jangkauan AP standar antara 30 meter sampai 50/100 meter dalam kondisi loss/tanpa halangan, ada banyak faktor yang mempengaruhi jangkauan sinyal wifi, dan tiap daerah akan tidak sama
  • Kondisi/kandungan tanah
  • Kondisi lokasi (banyak dan tinggi bangunan, pepohonan)
  • Interferensi / Banyaknya sinyal wifi ditiap daerah, jika daerah tersebut sudah banyak yang pasang wifi otomatis akan rentan terhadap iterferensi, dan itu akan berpengaruh pada kualitas sinyal
  • Cuaca
  • Dll

  • Namun, ada beberapa cara untuk memperluas jangkauan wifi/hotspot bisa lewat PTP (Point To Point) atau lewat kabel atau kita sebut sebagai repeater.
    Saya pernah mengulas tentang bagaimana cara memperluas hotspot kita dengan repeater lagi-lagi berdasarkan yang saya alami, silahkan baca disini ; MEMPERLUAS JARINGAN HOTSPOT DENGAN REPEATER

    Jika ada lagi yang bertanya tentang adakah AP wifi yang bisa sebar 1 Km langsung di akses lewat handphone? Jawabannya jelas saat ini Tidak ada


    Salam, semoga bermanfaat

    Posting Komentar

    © Copyright 2019 BUNGUR NETWORK

    Form WhatsApp

    Pesan ini akan terkirim melalui whatsapp.

    Kirim